Berstrategi Promosi Offline

Lewat promosi kita memberikan atau menyebarkan informasi teraktual kepada masyarakat luasdengan tujuan yang sesuai kita inginkan. Berpromosi dapat dilakukan secara online maupun offline, mungkin di beberapa daerah belum terakomodir dengan adanya sarana online yang cukup memadai. Maka dapat memanfaatkan sarana promosi offline. Berikut ini beberapa tips agar promosi offline yang kita lakukan efektif :

Berpromosi secara offline dapat secara langsung dengan cara mengajak teman, keluarga, saudara, tetangga dan lain-lainnya. Dengan mengajak seseorang yang dikenal biasanya informasi yang disampaikan akan dengan cepat terserap dan tujuan akan tercapai.

Menyebarkan informasi lewat cetakan melalui brosur, pamphlet, spanduk, dan sticker. Print advertorial ini dapat disebarluaskan di tempat-tempat strategis seperti warnet, ATM, pusat pembelanjaan, dan lain-lain. Satu Rim brosur ukuran A5 seharga Rp. 250.000,- dengan harga rata-rata promosi perlembar adalah Rp. 500,-. Kelemahan dari promosi ini adalah belum tentu brosur tersebut sampai di tangan yang tepat, dan jangkauan edarannya terbatas hanya pada sekitar lokasi penyebaran alat promosi tersebut.

Memanfaatkan provider seluler untuk berpromosi lewat sms, bbm kepada teman maupun relasi bisnis anda, sekarang ini banyak provider yang menawarkan layanan sms gratiske sesame operator. Cara ini dinilai cukup murah, yang harus anda perhatikan yaitu menyediakan satu nomor seluler khusus untuk berpromosi semacam ini sehingga privasi anda tidak terganggu.

Mencetak kartu nama dengan desain sederhana, menarik dengan informasi lengkap dengan mencantumkan alamat website jika ada. Hal ini digunakan untuk mendukung promosi online yang anda lakukan.

Selain itu dengan membagikan cinderamata (ballpoint, pensil, stiker, dan sebagainya), kaos, dengan begitu akan menjadi sarana untuk membentuk brand image produk anda.

Cara lainnya dengan memanfaatkan media massa yang telah ada dengan cara beriklan. Dalam beriklan di media, ada beberapa yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk beriklan, yaitu :

Segmentasi dari media tersebut, segmentasi yang terluas adalah media umum seperti harian, tetapi budget yang dibutuhkan juga cukup besar, pada harian nasional untuk satu halaman dapat memakan budget hingga ratusan juta, hal tersebut pastilah tidak terjangkau oleh para pelaku gerakan koperasi maupun para pelaku UKM.

Untuk mengantisipasi hal diatas dapat dilakukan dengan memilih media yang memiliki jangkauan yang luas dengan harga yang di bawah standart dari media-media tersebut.

Cara alternatif media lain dengan harga relatif rendah dengan oplah dan jangkauan yang luas.

Dalam menjalankan bisnis apapun, promosi sangatlah diperlukan untuk mengangkat citra produk barang maupun jasa yang anda tawarkan. Jika anda ingin sukses dalam memasarkan barang atau jasa yang anda miliki, maka rajinlah melakukan promosi. Promosi adalah investasi yang nantinya akan anda nikmati hasilnya. Semoga sukses. [Danar-InfoKUKM].

Sumber :

(Tabloid InfoKUKM, Edisi No.49, Tahun 5, April 2012)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s